MENGENAL PROGRAM PENGAYAAN BAHASA BEASISWA LPDP AFIRMASI



Mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya-tanya kenapa peserta penerima beasiswa LPDP khususnya Jalur Afirmasi harus mengikuti program Pengayaan Bahasa (PB) padahal kalau dipikir-pikir mereka kan sudah mendapatkan beasiswa yang seharusnya bisa langsung mendaftar di kampus tujuannya.

Sebenarnya ini adalah program khusus untuk peserta penerima beasiswa jalur afirmasi dimana mereka semua harus mengikuti kelas bahasa inggris yang fokus mempelajari TOEFL atau IELTS terlebih dahulu sebelum masuk kuliah nantinya. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan calon mahasiswa program magister atau doktoral ketika mendaftar di kampus.

Mengenai pengayaan bahasa sendiri, saya ingin menceritakan sedikit pengalaman selama mengikuti program ini, siapa tahu kamu berencana ikut beasiswa LPDP juga tahun ini.


Program Pengayaan Bahasa LPDP


1. Apa Sih Pengayaan Bahasa Itu?


Secara sederhana, program pengayaan bahasa adalah program pembinaan bahasa inggris yang terdiri dari kelas TOEFL untuk yang kuliah dalam negeri dan kelas IELTS untuk yang kuliah di luar negeri. Program PB ini diberikan khusus kepada awardee beasiswa jalur afirmasi yang berasal dari golongan daerah 3T, Bidik Misi, Kurang Mampu dan Berprestasi.

Untuk spesifiknya program PB diberikan kepada awardee yang belum memiliki LoA (Letter of Acceptence) atau untuk awardee yang nilai skor TOEFL/IELTS nya belum mencapai syarat masuk kampus tujuan. Umumnya skor TOEFL yang diminta oleh kampus dalam negeri adalah minimal 500, sedangkan skor IELTS di kampus luar negeri minimal 6.5.

Untuk itu, adanya program PB ini sangat membantu awardee untuk belajar bahasa inggris sebagai salah satu syarat untuk mendaftar di kampus tujuannya. Ingat, PB ini khusus pelamar beasiswa afirmasi LPDP loh.


2. Berapa Lama Sih Pelaksanaan Pengayaan Bahasa?


Untuk waktunya sendiri terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas 3 bulan dan 6 bulan. Pembagiannya kelasnya sendiri dibagi berdasarkan skor TOEFL/IELTS pada saat mendaftar beasiswa LPDP. Untuk kelas 3 bulan diberikan kepada awardee dengan skor TOEFL  >450 atau skor IELTS  >5.0. Sedangkan untuk kelas 6 bulan diberikan kepada awardee yang skornya di bawah dari skor kelas 3 bulan.


3. Apa Aja Nih Yang Dipelajari Nanti?


Sesuai dengan disebutkan di atas, PB ini fokus kepada pelajaran bahasa inggris yang ada pada TOEFL dan IELTS seperti materi ListeningStructureReading, dan Speaking. Selain itu, ada juga materi tambahannya loh yang tidak kalah menariknya seperti Written Academic dan Penelitian ilmiah yang bisa menunjang kemampuan awardee saat kuliah nanti.

Bukan cuman itu saja, di tiap bulan, awardee akan mendapatkan Pre-TestTOEFL/IELTS untuk mengukur sejauh mana pemahaman dan perkembangan bahasa inggrisnya. Dan tiap 3 bulan sekali, akan diadakan Real Test yang merupakan final dari program Pengayaan Bahasa.

Tidak lupa juga nih, selain dapat ujian Real nya, ada juga yang namanya uji kemampuan Tes Potensi Akademik (TPA) dari OTO TPA BAPPENAS. Untuk ujian yang ini, waktu ujiannya tidak bisa ditentukan, tapi percaya deh, ujian TPA ini akan ada sebelum masa PB berakhir.

Lumayan kan, apalagi skor TPA sekarang juga sudah masuk sebagai salah satu syarat penting saat mendaftar di kampus tujuan dalam negeri, yang fungsinya sama dengan skor TOEFL.


4. Dimana Saja Nih Tempat Belajarnya?


Untuk tempat belajarnya secara umum dilaksanakan di dalam negeri, pihak LPDP sudah memiliki kerjasama dengan beberapa kampus di Indonesia untuk melaksanakan program pengayaan bahasa baik TOEFL/IELTS yang diantaranya adalah:

- Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (Jakarta),
- Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung),
- Institut Teknologi Bandung (Bandung),
- Universitas Gadjah Mada (Jogjakarta),
- Universitas Negeri Yogyakarta (Jogjakarta),
- Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (Jogjakarta),
- Universitas Negeri Malang (Malang), dan
- Universitas Hasanuddin (Makassar).

Perlu diingat juga, penentuan penempatan lokasi pengayaan bahasa merupakan kewenangan pihak LPDP. Jadi kita tidak bisa meminta pindah atau menunjuk lokasi PB sesuka hati. Percaya deh, semua lokasi diatas merupakan tempat terbaik yang ditunjuk oleh LPDP sebagai tempat belajar bahasa inggris untuk awardee nya.


5. Berapaan Nih Biayanya?


Nah ini nih bagian paling asyiknya PB. Semua biaya kursus termasuk ujian TOEFL/IELTS dan TPA ditanggung semua oleh LPDP. Selain itu, awardee juga diberikan Living Allowance bulanan yang nominalnya lebih dari cukup setiap bulannya. Masih belum puas? LPDP juga menanggung biaya kedatangan dan kepulangan awardee selama mengikuti periode pengayaan bahasa. Masih belum puas juga? Nih, ada yang lebih seru, LPDP juga menyediakan biaya liburan kepada semua kelas pengayaan bahasa. Bagaimana, tertarik ikut juga?


6. Boleh Gak Saya Tidak Ikut Pengayaan Bahasa?


Yah sayang sekali nih kalau tidak ikut kesempatan ini. Tapi kalau memang begitu keputusannya tidak apa-apa juga sih. Kamu boleh tidak mengikuti pengayaan bahasa dengan syarat berikut :

- Sudah memiliki LoA dari kampus tujuan,
- Skor TOEFL/IELTS sudah mencukupi standar masuk kampus tujuan, atau
- Mengundurkan diri karena alasan lainnya.

Tapi bagaimanapun juga, kesempatan PB ini tidak datang dua kali loh. Kapan lagi coba kamu bisa belajar tanpa keluar biaya sepersenpun, semua keperluanmu ditanggung oleh LPDP, dan kapan lagi bisa bertemu dengan teman-teman dari seluruh pelosok di tempat yang baru.



Akhir Kata


Itulah sedikit catatan saya tentang apa dan bagaimana sih Pengayaan Bahasa Beasiswa LPDP Afirmasi. Pokoknya tidak ada ruginya deh mengikuti program ini. malah sebaliknya banyak keuntungan yang kamu dapatkan, bukan soal materi tapi bagaimana membentuk kebersamaan dengan teman seklas dan juga proses belajar di kelas. Semoga kamu juga bisa mengambil kesempatan ini dan segera mempersiapkan diri mengikuti seleksi beasiswa LPDP tahun ini.

0 Response to "MENGENAL PROGRAM PENGAYAAN BAHASA BEASISWA LPDP AFIRMASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

------=={Close Klik 2x}==------
Selamat Datang