PT TEL Kembali Gelar Program Beasiswa Ikatan Dinas Bidiksitel


PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT TEL) di tahun 2018 ini kembali menggandeng Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) untuk menyelenggarakan program beasiswa yang dikenal dengan program Bidiksitel bagi lulusan siswa SMA (IPA) dan SMK di sekitar perusahaan.

Sebanyak  219 peserta yang terdaftar secara online mengikuti seleksi yang pada tahun 2018 ini PT TEL menyediakan 5 beasiswa untuk ditempatkan di 4 jurusan yaitu Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Listrik dan Teknik Elektronika.

Proses seleksi yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara berlangsung selama 2 hari, Selasa-Rabu (22-23 Mei 2018),

bertempat di SMP Lematang Lestari, Desa Banu Ayu, Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muara Enim.

Manajer Local Community Development (LCD) PT TEL, Bpk. Eksa Santika menjelaskan bahwa Program Beasiswa Bidiksitel ini merupakan salah satu program unggulan CSR dalam bidang pemberdayaan masyarakat sekitar yang  sudah digulirkan sejak tahun 2016.

“Tahun ini menginjak tahun ke tiga, dimana tahun 2016 yang lalu ada 5 orang penerima beasiswa & tahun 2017 ada 10 orang.

Saat ini mereka sedang aktif mengikuti perkuliahan dibawah pengawasan Polsri Palembang. Tahun 2018 ini ada 5 beasiswa yang kami sediakan," katanya.

Lebih jauh Eksa menjelaskan bahwa penerimaan beasiswa ini mengacu pada kebutuhan perusahaan.

“Semua ini berdasarkan manpower planning dari bagian SDM kami sehingga jumlah penerima beasiswa setiap tahunnya bersifat dinamis disesuaikan dengan kondisi perusahaan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil direktur IV Bidang Kerjasama Polsri Bpk Drs Zakaria, M.Pd mengatakan bahwa pelaksanaan Program Beasiswa Pendidikan Seputar PT TEL atau disingkat dengan Bidiksitel digelar untuk ketiga kalinya ini merupakan kerjasama PT TEL dengan Polsri yang dimulai sejak tahun 2016 lalu.

“Program ini pihak Polsri menitik beratkan bahwa mahasiswa tidak hanya menguasai hard skill saja tapi juga memiliki soft skill juga yaitu attitude yang baik,” jelas Zakaria.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa hasil nilai semester para penerima beasiswa ini selalu dilaporkan pihaknya kepada PT TEL, untuk mengetahui seberapa besar kemajuan para mahasiswa dan IPK yang didapat oleh para mahasiswa minimal 3,00.

“Alhamdulillah sampai saat ini sebanyak 15 mahasiswa penerima beasiswa ini yang sedang menjalani pendidikan semua IPK nya mencapai 3.00.

Setiap semester selalu ada peningkatan bahkan salah satu dari penerima beasiswa ini ada yang mendapatkan IPK cumlaude,” lanjutnya.

Di dalam sambutannya pada pembukaan program Bidiksitel 2018, Zakaria menginformasikan bahwa Polsri Palembang saat ini mendapatkan peringkat ke 2 terbaik di Indonesia.

Nama harum Polsri bahkan  merambah sampai ke dunia internasional. Oleh karenanya untuk menjamin mutu pendidikan menurut Zakaria, walaupun ada MoU antara Polsri dan PT TEL terkait program ini,

namun tidak ada perbedaan pelaksanaan pendidikan terhadap para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, baik dari segi kegiatan akademis maupun non akademis.

“Kita tidak membedakan penerima beasiswa dengan mahasiswa lain dalam kegiatan akademis maupun non akademis.

Bahkan ke depannya ada persyaratan tersendiri bagi penerima beasiswa, yaitu keharusan mengikuti kegiatan kemahasiswaaan yang bersertifikat” tuturnya menutup pembicaraan.

0 Response to "PT TEL Kembali Gelar Program Beasiswa Ikatan Dinas Bidiksitel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

------=={Close Klik 2x}==------
Selamat Datang