Tips Lolos TOEFL & IELTS untuk Lanjut Kuliah S2 di Luar Negeri

Siapa yang tidak ingin berprestasi dan kuliah S2 sampai ke luar negeri? Tentunya kita semua ingin bukan. Sebagai generasi milenial yang dituntut untuk mampu berkompetisi di kancah global, belajar dan kuliah di luar negeri menjadi salah satu pintu yang bisa mendongkrak kapasitas dan networking internasional.
Hal ini bukan karena pendidikan di Indonesia tidak bagus sehingga kita sampai harus kuliah ke luar negeri. Meski masih tergolong negera berkembang, pendidikan di Indonesia terus mengalami peningkatan pesat yang membanggakan.
Justru di sinilah asalannya karena dengan belajar ke luar negeri, selain mengasah pengalaman internasional dan membentuk karakter kebangsaan kita, kelak setelah kembali ke tanah air, kita bisa berkontribusi maksimal berbekal ilmu yang pernah kita timba.

Tes TOEFL dan IELTS sering jadi “teror”

Bagi kebanyakan generasi muda yang punya mimpi untuk bisa kuliah S2 ke luar negeri, kemampuan bahasa Inggris seringkali menjadi momok. Tidak banyak yang jiper duluan sebelum mencoba. Padahal, menguasai bahasa Inggris tidak sesusah yang kamu bayangkan lho!
Bila kamu memang benar-benar ingin kuliah di luar negeri, menguasai bahasa Inggris dengan mengikutitest TOEFL atau test IELTS memang syarat mutlak. Selain berfungsi sebagai bukti absah kemampuan bahasa Inggrismu, test TOEFL dan test IELTS juga mempersiapkan kamu untuk siap menghadapi lika-liku dunia perkuliahan nantinya yang penuh dengan tugas-tugas dan bacaan berbahasa Inggris.
Jadi, sudah jelas kan, TOEFL dan IELTS itu ibarat kunci pembuka impianmu untuk berkuliah di luar negeri.

Tips Lolos TOEFL dan IELTS

Belajar TOEFL atau IELTS sesungguhnya bisa jadi sangat mengasyikkan. Kamu hanya perlu tahu tips dan trik yang tepat untuk mempelajari kedua jenis tes bahasa tersebut.
Nah, mau tahu rahasia bagaimana agar bisa enjoy belajar TOEFL atau IELTS dan lolos dengan skor memuaskan? Kita punya tips-tips nya yang bisa kamu simak berikut ini.

Mulai dari Penguasaan Vocabulary

Vocab, vocab, dan vocab! Kosakata adalah hal paling penting dan mendasar bagi setiap pembelajar bahasa, begitupun di test TOEFL dan IELTS ini. Jika kamu adalah beginner atau pemula dan memutuskan untuk belajar TOEFL dan IELTS secara mandiri, paksa dirimu untuk melahap puluhan kosakata baru dalam bahasa Inggris setiap harinya.
Ada banyak sekali ragam kosakata yang bisa kamu pelajari mulai dari menonton film dengan subtititle, membuka kamus, belajar dari Youtube, membaca buku dan lain sebagainya.

Tentukan Fokus

Mau TOEFL atau IELTS? Mau test TOEFL IBT atau TOEFL ITP? Mau IELTS Academic atau IELTS General? Pastikan kamu tahu test mana yang kamu perlukan sebagai syarat masuk kampus tujuan dan kelengkapan administrasi beasiswamu nantinya.
Ingat, jangan mempelajari semuanya! Kamu malah akan kewalahan dan bingung karena meskipun jenis test nya sama, namun model soal dan penilaiannya jauh berbeda. Mengetahui test apa yang kamu butuhkan akan membuatmu lebih fokus dalam belajar.

Kenali Model Soal

Tahukah kamu, tipe-tipe soal dalam TOEFL khususnya di Structure dan Reading itu selalu sama? Tipe soal yang sama dengan variasi kosakata yang berbeda adalah jurus telakmu untuk menaklukkan soal ini.
Artinya, kamu tak perlu buang energi banyak dan fokuskan latihanmu untuk mempelajari aneka variasi soal yang tipenya sama. Begitupun dengan IELTS.
Di internet, ada banyak sekali contoh soal-soal IELTS test online yang bisa kamu pelaajri.

Cari Sparing Partner

Belajar sendiri kadang kurang seru dan kurang semangat kan? Nah, cari dan ajak teman kamu yang pintar bahasa Inggris atau yang punya mimpi yang sama untuk belajar ke luar negeri berlatih TOEFL dan IELTS bersama.
Khususnya untuk skill Speaking dimana kamu butuh lawan bicara untuk berlatih. Kamu juga bisa bergabung dengan klub speaking atau debat di kota mu untuk mengasah kemampuan speaking mu.

Konsisten

Sekecil atau sesedikit apapun waktu belajarmu, asalkan dilakukan konsisten, hasilnya akan jauh lebih bagus. Tetapkan jadwal belajarmu sedini mungkin dan patuhilah dengan konsisten.
Bahasa adalah kemampuan verbal yang akan mampu dikuasai dengan penerapan yang terus-menerus, maka dengan konsisten belajar TOEFL dan IELTS, kamu tak akan butuh waktu lama untuk bisa menguasainya.
Nah, setelah membaca tips dan trik di atas, pastinya kamu sekarang sudah lebih siap untuk menaklukkan TOEFL dan IELTS bukan? Tetap semangat belajar demi bisa meraih mimpimu kuliah di luar negeri. Do your best and kill them all!

0 Response to "Tips Lolos TOEFL & IELTS untuk Lanjut Kuliah S2 di Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

------=={Close Klik 2x}==------
Selamat Datang